Minggu, 14 Oktober 2018

Anak Ladies Susah Makan, Cobalah 7 Trik Ini!

Foto: id.theasianparent.com


Halo, Smart Ladies
Menghadapi anak yang susah makan memang bukan hal yang mudah.  Aktivitas ini terkadang membuat sebagian Ladies frustasi dan jengkel. Tapi, sebagai orangtua yang baik, kita tidak boleh menyerah. Asupan nutrisi yang baik dan seimbang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang sang buah hati.
Ladies harus dapat memperkirakan asupan kalori anak agar mencukupi kebutuhannya. Setiap anak membutuhkan kalori yang berbeda-beda tergantung usia, jenis kelamin, serta kondisi kesehatan.
Lalu, apa yang harus Ladies lakukan untuk membuat nafsu makan anak bertambah? Yuk, simak ulasannya!

 1. Jangan Paksa Anak untuk Makan

Kita sering kali tidak sabar ketika anak sulit makan dan memaksa anak untuk makan. Padahal hal ini akan membuat anak semakin menghindar dan malas untuk makan. Sebaiknya Ladies lakukan cara lain. Misalnya, dengan membujuk si anak.

2. Siapkan Menu yang Bervariasi dan Menarik

Jika kita selalu membuat menu yang sama selama beberapa hari berturut-turut, anak bisa saja merasa bosan. Sebaiknya  siapkan menu dengan bahan makanan yang bervariasi agar lebih bernutrisi.
Selain itu, menyajikan makanan dengan tampilan menarik biasanya akan menambah nafsu makan anak. Misalnya, menghias makanan seperti karakter kartun favorit anak.

3. Jadwal Makan yang Rutin

Menerapkan jadwal makan yang rutin pada anak sejak kecil, akan membuat anak terbiasa untuk makan pada waktu yang sama. Jadwal makan yang rutin ini akan berdampak baik pada pola makan anak  saat beranjak dewasa.

4. Berikan Cemilan Sehat

Jika anak hanya makan sedikit, kita bisa menyiasatinya dengan memberikan camilan sehat. Sebaiknya  kita membuat camilan sehat ini  di rumah agar kita dapat memastikan bahwa camilan itu bersih dan sehat. Misalnya, membuatkan puding buah atau es yang berbahan dasar buah yang lezat

5. Makan Lebih Sering dalam Sehari

Jika anak memang susah makan, jangan memberinya porsi makan yang besar. Sebaiknya berilah makan dalam porsi makan sedikit-sedikit saja tapi sering. Cara  ini bisa juga di terapkan pada anak yang cepat bosan dengan makanan. Berilah dia porsi makan yang kecil, lalu dua tiga jam kemudian beri makan lagi dengan menu yang baru.

6. Ajak Anak Menyiapkan Menu Makanannya

Anak-anak akan sangat senang jika kita ajak bermain. Bermain sambil memasak akan menjadi hal yang seru dilakukan di rumah. Sehingga Ladies bisa mengajaknya menyiapkan menu sarapan atau bekalnya. Berikan tugas yang mudah seperti menyiapkan beberapa bahan makanan atau sekedar menghias makanannya. Biasanya anak akan lebih tertarik untuk makan jika dia ikut serta dalam menyiapkan makanan tersebut.

7.
Pastikan Makanan Penuh Nutrisi

Yang harus Ladies perhatikan adalah makanan yang dikonsumsi  anak harus  mengandung nutrisi. Vitamin dan mineral dalam makanan bisa membuat nafsu makan anak meningkat. Misalnya mineral zink, yang sudah terbukti dalam berbagai penelitian dapat membantu  mengatasi anak susah makan. Beberapa makanan yang mengandung zink adalah daging sapi, daging ayam, ikan, dan berbagai sayur berdaun hijau tua.

Memang butuh kesabaran dan usaha yang lebih untuk menghadapi anak yang susah makan ya, Ladies! Tapi, coba deh, terapkan trik ini di rumah!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Membaca Buku Wonderfull Mom

Foto: koleksi pribadi Hai, Kawan Vera! Beberapa hari lalu, datanglah sebuah buku antologi yang bertajuk Wonderfull Mom. Warna ...