Minggu, 07 Oktober 2018

Tour De Paris Van Java (Bandung)




Hello Happy People,

Bandung dikenal sebagai Kota Kembang, kini juga dikenal sebagai Kota yang punya banyak taman  yang bagus dan nyaman untuk dikunjungi. Semua tentunya sudah tahu kan, kota Bandung berada di daerah provinsi Jawa Barat. Dikelilingi oleh gunung membuatnya menjadi daerah dengan pemandangan yang indah dan cuaca yang bersahabat.

Kali ini, saya akan menceritakan perjalanan  menyusuri kota Bandung beberapa waktu lalu. Kami sekeluarga  ditemani oleh Tour Guide yang sudah mengetahui seluk beluk kota Badung. Yang kebetulan masih kerabat dan sedang libur dari pekerjaannya.
Kami  mengunjungi beberapa tempat di Bandung yang bersejarah. Karena memang tujuan kami adalah mengenalkan sejarah kota Bandung kepada anak- anak. Baiklah, ini adalah perjalanan kami di Bandung.

1. Jalan Braga

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah jalan Braga. Ada cerita rakyat Kenapa dinamakan Jalan Braga, karena dahulu ketika jaman Belanda masih menjajah. Di tempat ini mereka selalu berkumpul. Menggunakan pakaian terbaru yang mereka punya. Dan orang Bandung, dalam bahasa sunda menyebutnya “Balaga”. Yang kemudian berkembang sekarang menjadi Jalan Braga. Memang jalan ini masih di pertahankan bentuk bangunanya sampai sekarang. inilah yang menjadi daya tarik jalan ini karena suasananya masih asli, sama seperti Zaman dahulu.

2. Jalan Asia Afrika

Jalan ini adalah tempat yang sangat bersejarah karena di sanalah Gedung Asia Afrika berdiri. Dimana di sana pernah diadakan konfrensi Asia Afrika pada tahun 1955. Kami disana sengaja berjalan kaki menuju ke Alun-Alun Kota Bandung dan Mesjid Raya Bandung yang kini di sulap menjadi tempat yang instagramable. Sebelum sampai kesana kami mengajak anak-anak melihat penjara Soekarno di seputaran Jalan Banceuy. Tempat ini dibuka untuk umum lo, jadi kita bisa melihat kedalam bagaimana ruang penjara Soekarno saat itu dan masih tetap dipertahankan seperti dahulu.

3. Mesjid Agung Bandung

Sejak dahulu masjid ini sudah dikenal oleh warga Bandung karena memiliki menara yang tinggi. Dari menara itu kita bisa melihat dengan jelas pemandangan Kota Bandung dari atas. Dengan perubahan Mesjid Agung yang jauh lebih bagus, kini masjid ini menjadi tujuan wisata para pelancong yang datang kesini. Dari atas kami bisa melihat keriuhan dibawah karena banyak sekali costplay dengan kostum-kostumnya yang unik dan sangat mirip dengan aslinya, membuat anak-anak tidak sabar untuk berfoto bersama  dengan mereka.

4. Gedung Sate

Gedung ini sebenarnya adalah tujuan utama kami saat itu. Karena baru dibuka museum di sana. Museum ini adalah tempat yang keren menurut saya, karena di buat dengan teknologi digital yang canggih. Konsep ini pertama kali diterapkan di Indonesia. Disana diceritakan sejarah Kota Bandung, informasi tentang Gedung sate, ruang gimmick yang menyuguhkan konsep edutainment, setelah itu pengunjung diajak untuk menonton film pendek berdurasi sepuluh menit mengenai Kota Bandung di area audio visual. Pengalaman yang sangat menyenangkan kala itu bagi kami sekeluarga.

5. Taman Lansia

Taman yang berada di sebelah kanan Gedung Sate ini  adalah tempat yang nyaman untuk beristirahat bersama keluarga. Pohon-pohon yang rindang membuat udara menjadi sangat sejuk. Ada beberapa spot foto yang bisa di gunakan untuk berfoto disana. Ada patung  hewan purba yang dibuat seolah-olah sedang mengejar, menjadikan daya tarik bagi setiap pengunjung taman ini.

6. Taman Balai Kota

Taman ini juga merupaka tempat yang bagus untuk dikunjungi. Tempat ini merupakan tempat yang ramah anak. Kita bisa bermain di labirin, melihat hewan-hewan seperti kelinci, burung dan ayam yang ditempatkan didalam kandang yang di desain dengn sangat apik. Yang paling membuat anak-anak senang adalah tempat bermain air yang cocok sekali dijadikan tempat bermain untuk anak. Ada juga transportasi bernama “Bandros”, bisa kita coba naik untuk mengelilingi kota Bandung dari taman ini.

Perjalanan kami menyusuri kota Badung hari itu sangat menyenangkan dan menambah pengetahuan kami tentang sejarah panjang kota Bandung. Masih banyak tempat-tempat asyik yang bisa dikunjungi di sana. Nanti akan saya ceritakan lagi ya!

Foto: jejakpiknik.com

14 komentar:

  1. saya 4 tahun kuliah di bandung belum pernah ke taman lansia dan taman balaikota hihi.Padahal oke juga ya kesana. malah kalo main jauh-jauh kaya ke lembang atau ciwidew, wkwkwk. jadi kangen bandung ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk atuh mbak, banyak banget sekarang taman yang bagus-bagus di Bandung. Gratis lagi masuknya, he he he..

      Hapus
  2. Insyaallah bln november bakal ke Bandung, boleh ni masuk daftar buat dikunjungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo rombongan ada tour keliling kota Bandung pake Bandros. Jadi ada guidenya yang cerita sejarah kota Bandung, seru deh.Dijelasin arti arsitektur gedung sate.

      Hapus
  3. Bandung? ah, selalu bermimpi untuk bisa kesana suatu saat nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin semoga bisa segera ke Bandung ya mbak.

      Hapus
  4. Teringattt lagu Hallo Hallo Bandung...
    Bisa jadi destinasi selanjutnya nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Semoga bisa segera ke Bandung ya.

      Hapus
  5. Kangen Bandung sangaaaattt... 😭😭😭

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Ayo mbak di jadwalin jadi destinasi liburan keluarga he he..

      Hapus

Pengalaman Membaca Buku Wonderfull Mom

Foto: koleksi pribadi Hai, Kawan Vera! Beberapa hari lalu, datanglah sebuah buku antologi yang bertajuk Wonderfull Mom. Warna ...