Selasa, 01 Januari 2019

5 Cara Agar Anak Semangat ke Sekolah








Hai, Kawan Vera!

Sudah lama ya kita tidak berjumpa. Kesibukan sebagai ibu rumah tangga membuat saya terlupa akan dunia menulis yang sedang saya bangun di blog ini. Liburan sudah selesai, tandanya dimulai lagi kegiatan di sekolah yang sempat terhenti saat liburan. Biasanya anak-anak menjadi malas untuk memulai kembali aktivitas di sekolah.
Ibu yang bertugas mengatur segala kebutuhan di rumah akan merasa jengkel menghadapi anak-anak, memulai dari nol lagi membangkitkan semangat belajarnya. Ini  momen yang pas untuk berbagi tips agar anak semangat ke sekolah. Mari disimak!

1.  Memberikan Pemahaman Sekolah adalah Tempat yang menyenangkan
 















Tugas orang tua, memberikan pengertian yang baik kepada anak tentang sekolah. Berikanlah gambaran yang menyenangkan tentang sekolah. Misalnya, bertemu dan bermain dengan teman-teman hingga serunya mempelajari hal-hal baru untuk menambah pengetahuan si kecil. Cobalah beri penjelasan dengan bahasa yang sederhana supaya mudah dimengerti olehnya. Seperti: meceritakan pengalaman bunda atau ayah ketika bersekolah dulu.


2. Menawarkan Sarapan dan Bekal Favorit

















Anak-anak biasanya akan semangat jika ditawarkan hal-hal yang disukainya. Begitupula dengan sarapan dan bekal sekolahnya agar anak lebih bersemangat ke sekolah. Akan lebih menyenangkan bila bunda mengajaknya memilih menu dan menyiapkannya bersama-sama. Bisa dengan membuat makanan yang simpel seperti nasi goreng, roti bakar, atau omlet telur. Biarkan anak berkreasi menghias sarapan dan bekalnya sendiri.


3.  Menyiapkan Perlengkapan Sekolah Bersama-sama

















Nah, di awal masuk sekolah biasanya anak-anak harus menyiapkan perlengkapan sekolah yang baru. Seperti pensil, penghapus, buku, penggaris, dan lain-lain. Bunda bisa mendampingi si kecil untuk menyiapkannya sambil mengajaknya mengobrol atau bercerita tentang hal-hal yang disukai anak. menciptakan suasana santai dan tidak menegangkan agar dia memiliki  perasaan yang senang untuk sekolah.


4.  Istirahat Cukup dan Bangun lebih Pagi















Biasakan anak untuk tetap bangun pagi meskipun sedang libur sekolah. Tetap menetapkan waktu tidur dimalam hari, jangan biarkan anak begadang hingga larut malam. Kebiasaan ini sangat berpengaruh pada rutinitas bangun pagi anak ketika harus sekolah. Dengan waktu istirahat dan tidur yang cukup akan membuat anak tidak mengatuk di pagi hari dan lebih bersemangat ke sekolah. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan ya, bunda.


5. Ajak Refresing di Akhir Pekan















Agar anak tidak merasa bosan dengan kegiatan sekolah yang sangat padat. Ajak anak untuk refreshing di akhir pekan. Kembalikan semangatnya dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Tidak melulu jalan-jalan ke mall, berkebun bersama di halaman , berjalan santai dipagi, atau sore hari juga bisa menjadi sangat menyenangkan lo, bunda.

Sudah tahukan cara membuat ananda semangat ke sekolah. Semoga bermanfaat.

#Postingan ini diikut sertakan pada Challenge ODOP Estrilook Januari 2019 #Day-1
Sumber foto:pexel.com 



2 komentar:

  1. Salam kenal mba, libur sekolah sudah akan usai. Insyaa Allah senin anak-anak sudah sekolah lagi

    BalasHapus
  2. salam kenal juga mba siti. Semangat!!

    BalasHapus

Pengalaman Membaca Buku Wonderfull Mom

Foto: koleksi pribadi Hai, Kawan Vera! Beberapa hari lalu, datanglah sebuah buku antologi yang bertajuk Wonderfull Mom. Warna ...