Rabu, 02 Januari 2019

5 Mainan Edukatif untuk Balita

Foto: pexel.com



Hello, Kawan Vera!

Seorang bayi yang baru lahir ternyata membutuhkan mainan untuk merangsang tumbuh kembangnya. Sebagai orangtua pastinya ingin memberikan mainan yang bervariatif , tahan lama, dan bermanfaat. Memberikan mainan pada anak bisa menjadi cara untuk  mengembangkan panca indera si kecil sejak dini. Lewat permainan, anak akan dirangsang untuk mempelajari banyak hal baru dalam fase pertama di hidupnya.

Orangtua juga harus kreatif memilih mainan yang tepat untuk anak. berikan mainan pada anak yang bisa mengenalkan bentuk, warna, tulisan, atau benda-benda yang ada disekitarnya. Berikut rangkuman beberapa mainan yang dapat diberikan kepada balita.


1.  Stacking
Foto:pexel.com

Stacking adalah mainan yang mengenalkan warna, bentuk, cara menyusun sesuai pada tempatnya, mengenal tinggi rendah dan beberapa manfaat lainnya. Bunda bisa memilih permainan dengan metode stacking ini pada si kecil karena sangat edukatif dan bermanfaat.


2.  Puzzle
Foto:pexels.com

Puzzle dapat dikenalkan pada usia anak sembilan bulan sampai satu tahun ke atas. Bayi pastinya belum bisa merangkai mainan tersebut, tetapi bentuk dari puzzle ini dapat melatih visualnya. anak yang berusia satu tahun sudah bisa mulai dilatih untuk merangkai puzzle sederhana. Dampingi anak selama bermain dan carilah bentuk yang mudah dikenal olah anak. Misalnya: buah, hewan, makanan, baju dan lain sebagainya.


3.  Musical Walker
Foto: facebook.com

Anak usia satu tahun biasanya sudah mulai belajar berjalan. Musical walker adalah mainan yang tepat  untuk diberikan pada anak diusia ini.  Ada banyak bentuk yang dijual seperti bentuk hewan atau mobil. Warna yang cerah dan musik yang menarik perhatian akan merangsang anak untuk belajar merembet untuk kemudian belajar berjalan.


4.  Permainan Profesi
Foto: pexels.com

Balita bisa mulai diajarkan untuk mengenal profesi seseorang lewat permainan. Mainan ini bisa merangsang ide kreatif yang bisa mengasah bakat dan cita-cita anak. Banyak sekali jenis mainan yang mengenalkan profesi. Yang paling popular dan disukai oleh anak yaitu dokter, polisi, pemadam kebakaran, dan masih banyak lagi.


5.   Permainan yang Menghasilkan Bunyi
Foto: pexels.com


Balita biasanya tertarik pada benda-benda yang menghasilkan suara. Bunda bisa memperkenalkan macam-macam bunyi lewat mainan. Kenalkan alat music seperti drum,gitar, atau piano. Si kecil akan senang dan tertarik untuk memainkannya atau meniru suara yang dikeluarkan mainan tersebut.


Itulah beberapa mainan yang bisa diberikan pada balita. Mereka memang belum bisa memainkannya, tetapi jika orangtua membantunya dan bermain bersama pasti akan sangat menyenangkan.

#Postingan ini diikut sertakan pada challenge ODOP Estrilook Januari 2019 #Day-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Membaca Buku Wonderfull Mom

Foto: koleksi pribadi Hai, Kawan Vera! Beberapa hari lalu, datanglah sebuah buku antologi yang bertajuk Wonderfull Mom. Warna ...