Kamis, 03 Januari 2019

Kapan Waktu yang Tepat Mengenalkan Buku pada Anak?



Halo, Kawan Vera!

Suka membaca bukanlah kebiasaan yang bisa datang dengan sendirinya. Anak- anak harus dikenalkan sejak dini pada kegiatan ini oleh orangtua. Anak-anak yang tumbuh dengan buku di sekitarnya akan memiliki kebiasaan membaca yang lebih baik.
Kapan waktu dan cara  yang tepat untuk Bunda  bisa mulai mengenalkan buku pada anak, berikut ulasannya:


1.   Usia Nol Bulan

Bunda sudah bisa mengenalkan buku pada bayi baru lahir. Cara ini akan membuat  mereka lebih mencintai dunia membaca. Bunda bisa mulai dengan membacakan dongeng atau buku cerita anak. Sebelum tidur biasanya menjadi waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas ini.


2.  Usia Empat Bulan

Di usia ini anak sudah mulai bisa merespon dan berekspresi ketika mendengar atau melihat sesuatu yang menarik. Bunda sudah bisa mulai membacakan buku dengan menambahkan gerakan-gerakan tubuh, tangan, atau memainkan mimik wajah supaya anak lebih tertarik.


3.  Usia 6-9 Bulan

Memasuki usia ini, kemampuan anak untuk merespon semakin baik. Biasanya, anak  mulai belajar berbicara. Ia  bisa menirukan apa yang didengarnya. Bunda bisa sambil memangku si kecil dan bacakan cerita dengan suara-suara yang lucu. Biarkan anak membuka halaman demi halaman buku untuk merangsang  kemampuan motoriknya.


4.  Usia 9-12 Bulan

Anak dengan usia ini sudah mulai aktif. Mulailah mengenalkan buku-buku dengan karakter binatang dan ajaklah untuk meniru suara atau gaya binatang dalam buku tersebut. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan bagi si kecil.


5.  Usia Diatas Satu Tahun

Setelah anak melewati usia ini, anak sudah bisa  membangun kemandirian untuk memegang dan memilih buku yang disukai. Bacakanlah buku favoritnya ketika dia menginginkannya. Tandanya anak sudah memiliki ketertarikan pada buku. Tugas Bunda adalah terus mendukungnya supaya tetap menyukai  buku.

Mengajari anak untuk mencintai buku dan membacanya memang tidak mudah. Butuh kesabaran dan perjuangan. Tetapi jangan menyerah ya, Bunda!  Kegemarannya anak pada dunia buku akan sangat bermanfaat bagi masa depannya. 


#Postingan ini diikut sertakan pada challenge ODOP Estrilook Comunity #Day-3
Sumber foto: pexels.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Membaca Buku Wonderfull Mom

Foto: koleksi pribadi Hai, Kawan Vera! Beberapa hari lalu, datanglah sebuah buku antologi yang bertajuk Wonderfull Mom. Warna ...