Jumat, 04 Januari 2019

5 Manfaat Garam untuk Kecantikan




Hai, Kawan Vera!

Garam adalah bumbu dapur yang biasa dipakai untuk  menambah cita rasa pada makanan. butiran halusnya mengandung banyak mineral, yaitu: kalsium, potasium, silicon, sodium, dan lainnya. Zat-zat ini ternyata bukan hanya bermanfaat untuk makanan dan kesehatan tubuh manusia, tapi juga bisa digunakan sebagai penyembuh luka.

Perawatan kecantikan tradisional juga memanfaatkan garam sebagai salah satu ramuan yang berkhasiat. Apa saja manfaat garam untuk kecantikan, mari simak ulasannya:

1.  Mengatai Jerawat


Air garam sangat efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Caranya, campurkan satu gelas air dan satu sendok garam laut hingga larut dalam air. Celupkan kapas kedalamnya dan usap pada bagian tubuh  atau wajah yang berjerawat. Biarkan hingga kering kemudian bilas menggunakan air biasa. Air laut bisa langsung digunakan untuk perawatan yang satu ini. Lakukan secara teratur sekali sehari untuk hasil yang maksimal.

2.   Mengobati Luka


Air galam memiliki manfaat anti inflamasi yang bisa mempercepat proses penyembuhan pada luka. Mandi air garam  dapat membunuh bakteri dan mencegah iritasi kulit. Proses penyembuhan luka akan lebih cepat karena air garam juga meningkatkan tingkat hidrasi pada kulit. Tambahkan segelas garam ke dalam bak mandi yang diisi air hangat untuk mandi, menambahkan essential oil akan menambah kenyamanan.

3.   Menghilangkan Bau Mulut


Bau pada mulut disebabkan oleh bakteri. Larutan garam dapat membantu membersihkan bakteri di mulut penyebab bau tidak sedap. Air garam juga bisa meredakan sakit atau iritasi di dalam rongga mulut. Caranya, tambahkan beberapa sendok garam ke dalam segelas air hangat.  Aduk hingga garam larut dan gunakan untuk berkumur selama beberapa detik. Ulangi beberapa kali. Tambahkan papermint oil agar mulut lebih segar.

4.   Membersihkan Kotoran di Wajah


Tekstur garam yang kasar dapat digunakan untuk membersihkan pori-pori wajah secara efektif dan menghilangkan sel kulit mati.  Campurkan garam laut dengan air hingga menjadi pasta yang kental. Gunakan untuk  sebagai scrub keseluruh wajah secara perlahan dan lembut. Pijat dengan gerakan memutar kemudian bilas dengan air biasa. Selanjutnya gunakan toner untuk melembabkan kulit. Pasta garam ini bisa digunakan pada seluruh tubuh sebagai body scrub. Jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab  setelahnya, agar kulit tidak kering. 

5. Menghilangkan Ketombe


Ketombe adalah hal yang sering dialami kita. Cara tradisional mampu mengatasi masalah ini dengan efektif dan beresiko lebih rendah dibandingkan dengan menggunakan produk perawatan rambut berbahan kimia. Garam adalah salah satu cara untuk menghilangkan ketombe  secara cepat dan alami.

Banyak manfaat yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari dari garam ini, ya! Selain murah garam juga sangat mudah didapatkan.

#Postingan ini diikut sertakan pada challeng ODOP Estrilook Comunity #Day4
Sumber foto: pexels.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Membaca Buku Wonderfull Mom

Foto: koleksi pribadi Hai, Kawan Vera! Beberapa hari lalu, datanglah sebuah buku antologi yang bertajuk Wonderfull Mom. Warna ...