Sabtu, 20 Oktober 2018

9 Perangkat Rumah Tangga Penyebab Boros Listrik!



Foto: pixabay


Hallo, Blogger! 


Bijaksana dalam menggunakan daya listrik saat ini merupakan hal yang sangat penting. Akan tetapi usaha kita untuk mengemat listrik sering kali tidak sesuai dengan yang diharapkan ketika melihat tagihan listrik setiap bulannya. Ada cara yang bisa dilakukan untuk memperkecil tagihan listrik dirumah. Mulailah mencari tahu perangkat rumah tangga apa saja yang menyebabkan tagihanlistrik membengkak.

Perangkat elektronik hadir untuk memudahkan aktivitas sehari-hari. Namun perangkat penyebab boros listrik harus kita perhatikan pemakaian dan berapa besar daya yang digunakan. Pilihlah perangkat yang hemat energi atau tidak memerlukan banyak daya,sehingga tagihan listrik bisa lebih murah dari sebelumnya.

Apa saja perangkat penyebab boros listrik? Yuk, disimak!

1. Lampu Rumah
Lampu rumah memang sangat penting dalam menerangi ruangan di rumah. Namun, pemakaian lampu dalam jumlah besar akan membuat ruangan terasa panas dan membutuhkan pendinginan ruangan dengan energi besar. Memasang lampu yang ramah lingkungan, yaitu jenis LED yang merupakan lampu tahan panas dengan ukuran daya atau watt kecil.
Pada siang hari,matikan lampu dan menggunakan sinar matahari sebagai sumber penerangan rumah.

2. Penanak Nasi (Rice Cooker)
Nasi merupakan makanan utama di Indonesia, penggunaan penanak nasi  di setiap rumah merupakan hal yang lumrah. Pilihlah penanak nasi yang berdaya listrik kecil. Perangkat ini menyerap sekitar 395 watt ketika memasak dan 77 watt saat memanaskan nasi. Oleh karena itu, gunakanlah penanak nasi sesuai kebutuhan.

3. Setrika
 Alat kecil ini ternyata menyerap daya yang lumayan besar. Atur panas setrika sesuai dengan label pakaian yang akan disetrika. Hidari menyetrika terlalu sering.  Sebaiknya menyetrika dalam jumlah besar namun dengan intensitas jarang akan membuat tagihan listrik tetap terjaga.

4. Kulkas
Mesin pendingin bermanfaat untuk memperpanjang umur makan dan minuman. Perangkat iniharus dinyalakan sepanjang hari. Jangan memasukkan makanan dan minuman panas ke dalam kulkas karena akan membuat kulkas bekerja semakin berat untuk mendinginkannya. Jika kulkas bekerja terlalu berat akan mempengaruhi tagihan listrik.

5. Televisi
Televisi merupakan salah satu sumber hiburan di rumah. Perhatikan daya dan durasi penggunaan TV. Jenis TV LED merupakan jenis tv dengan daya terendah dibandingkan jenis tv yang lain. Tagihan listrik untuk penggunaan tv ini bergantung pada durasi, sebaiknya nyalakan tv pada saat ingin menonton saja.

6. Kompor Listrik dan Microwave
Kompor listrik menggunakan daya yang sangat besar yaitu sekitar 850-2000 watt setiap kali penggunaan. Hindari terlalu sering menggunakan perangkat ini. Microwave juga merupakan perangkat yang menyerap daya listrik cukup tinggi. Ini juga alasan jarang sekali ditemukan di rumah-rumah saat ini.

7. AC ( Air Conditioner)
Sesuaikan ukuran ruangan dengan besaran PK AC. Jika ruangan besar menggunakan PK yang kecil maka AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Aturlah suhu ruangan sesuai kebutuhan. Jangan mengatur suhu terlalu dingin ketika ada sedikit orang. Hindari kebocoran udara dari luar, karena AC akan bekerja dua kali lipat untuk mendinginkan udara.

8. Mesin Cuci
Untuk mengurangi tagihan listrik dari perangkat ini adalah kurangi penggunaan pengerigan listrik. Sistem pengeringan listrk ini dapat menambah tagiha listrik dua kali lipat.

9. Mesin Pompa Air
Pilihlah pompa air dengan sistem otomatis yang berhenti ketika bak penampung penuh. Gunakan jenis pompa air yang sesuai dengan kemampuan daya di rumah.

Sudah tahu kan, perangkat rumah tangga apa saja yang bisa membuat tagihan listrik membengkak. Sembilan barang ini memang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Maka gunakanlah dengan bijak agar tagihan listrik tidak membesa, ya!


#Postingan ini diikutsertakan untuk ODOP Estrilook Comunity. Day 7.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Membaca Buku Wonderfull Mom

Foto: koleksi pribadi Hai, Kawan Vera! Beberapa hari lalu, datanglah sebuah buku antologi yang bertajuk Wonderfull Mom. Warna ...