Kamis, 25 Oktober 2018

Tanaman Pengusir Nyamuk

Hai, Kawan Vera!

Musim hujan sudah mulai datang, ya? Bebarapa hari ini daerah sekitar tempat saya tinggal turun hujan deras di sore hari. Yang paling saya khawatirkan setiap kali musim hujan datang adalah genangan air. Kenapa? Karena genangan air ini bisa menjadi tempat yang baik untuk nyamuk berkembang biak. Nyamuk memang hewan yang menjadi musuh manusia. Gigitan nyamuk bisa membuat kulit menjadi bentol, gatal dan kemerahan. Nyamuk juga bisa mengakibatkan penyakit yang berbahaya, seperti demam berdarah dan malaria.

Untuk mengusir nyamuk saya terkadang menggunakan obat berbahan kimia yang banyak dijual di pasaran. Namun, penggunaan obat ini dapat berdampak pada kesehatan jika digunakan secara tidak baik dan benar. Setelah saya membaca beberapa artikel ternyata ada alternatif lain untuk mengusir nyamuk. Yaitu dengan menggunakan tanaman pengusir nyamuk di rumah.
Ada banyak tanaman yang ampuh dan terbukti dapat mengusir nyamuk. Apa saja? Mari simak ulasannya!

1. Serai
Foto: tokopedia.com

Serai tidak hanya digunakan sebagai penyedap makanan dan minuman. Tanaman ini juga digunakan sebagai pengusir nyamuk. Banyak sekali produk-produk pengusir nyamuk seperti lilin aromaterapi atau lotion anti nyamuk yang menggunakan serai sebagai bahan utamanya. Serai ini sangat mudah di tanam di berbagai iklim dan tanah. Hal inilah yang membuat serai mudah ditemui dan di tanam di rumah. Kita bisa menanamnya di bawah jendela sekitar rumah agar nyamuk tidak mudah masuk ke dalam rumah.

2. Lemon Balm
Foto: alive.com

Lemon balm memiliki senyawa sitronelal yang ampuh mengusir nyamuk. Aroma  dari daun lemon balm ini juga salah satu wewangian yang tidak disukai nyamuk. Selain bisa untuk mengusir nyamuk, kita juga bisa menggunakan daunnya sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk kesehatan.

3. Lavender
Foto: homedepot.com

Saya termasuk penyuka bunga lavender ini. Selain  berwarna ungu ada juga yang berwarna merah muda dan putih. Aroma bunga ini sangat harum, tapi bagi nyamuk aroma lavender merupakan aroma yang paling dihindari. Lavender mengandung zat linalool dan lynalyl asetat yang membuat nyamuk tidak menyukai tanaman ini.

4.Catnip
Foto: amazine.co

Catnip atau Neeta Cataria merupaka tumbuhan yang sangat ditakuti oleh nyamuk. Kandungan minyak esensial catnip yang dikenal dengan nepetalactone, sangat ampuh untuk mengusir nyamuk dari pada bahan  kimia yang ada pada obat nyamuk. Namun, tanaman ini bisa tumbuh sangat tinggi, jadi jika ingin menanamnya di rumah tanamlah di area yang tidak menghalangi pandangan.

5. Bawang Putih
Foto: tribunnews.com

Bawang putih sudah lama digunakan sebagai pengusir nyamuk. Kita bisa mengiris bawang putih dan menaruhnya di tempat-tempat dimana sirkulasi udara berasal. Tetapi, bawang putih ini memiliki aroma yang menyengat, untuk menghilangkan aroma tidak sedap ini kita bisa menambahkan minyak esensial lavender atau minyak esensial lain sesuai dengan selera.

6. Geranium
Foto: situsbunga.com

Geranium lebih dikenal dengan sebutan tapak dara. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tumbuhan pengusir nyamuk. Kandungan geraniol dan sitronelol pada tanaman ini sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Itulah beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa ditanam di rumah. kita bisa menanam tanaman ini di dalam pot, kemudian menaruhnya di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk yang masuk ke dalam rumah. Selain bisa untuk mengusir nyamuk beberapa tanaman  juga bisa dijadikan tanaman hias karena memiliki warna bunga yang sangat cantik dan harum. Misalnya, lavender dan geranium. Saya sudah memiliki semua tanaman pengusir nyamuk tersebut kecuali catnip. Yuk, mulai menanam di rumah juga kawan-kawan Vera!


# Postingan ini diikut sertakan pada ODOP Estrilook Comunity. Day 13.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengalaman Membaca Buku Wonderfull Mom

Foto: koleksi pribadi Hai, Kawan Vera! Beberapa hari lalu, datanglah sebuah buku antologi yang bertajuk Wonderfull Mom. Warna ...